percutian yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya kaya akan objek wisata yang indah dan mempesona tetapi juga kaya akan berbagai ragam kuliner khas yang enak dan lezat. Sebagai pusat peradaban budaya Jawa, kawasan ini memiliki hasil budaya berupa tarian, bangunan dan juga kuliner. Kuliner atau makanan yang terkenal berasal dari Yogyakarta dan menjadi ikon daerah ini antara lain: gudeg, gaplek, bakpia, belalang goreng, jadah tempe, dan masih banyak lagi. Berikut rangkuman singkat mengenai makanan khas Yogyakarta yang wajib di cicipi saat percutian yogyakarta.

  1. Gudeg

Julukan Kota Gudeg melekat di Yogyakarta karena makanan ini telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai tempat gudeg berasal. Bahan baku gudeg adalah nangka muda yang dimasak berjam-jam memakai santan. Warna coklat yang khas dari gudeg berasal dari daun jati yang dimasak bersamaan. Makanan biasanya disantap bersama dengan nasi dan lauk ayam, telur dan lainnya.

Terdapat banyak warung atau rumah makan yang menjual gudeg di Jogja. Warung gudeg yang terkenal antara lain Gudeg Yu Jum,  Gudeg Bu Ahmad, Gudeg Yu Narni, dan lain sebagainya. Tempat yang diperkirakan sebagai asal dari gudeg dan saat ini menjadi pusat gudeg di Jogja adalah kawasan Wijilan. Di sini terdapat warung-warung gudeg di sepanjang jalan dan pengunjung tinggal memilihnya sesuai dengan seleranya. Menurut jenisnya gudeg ada dua yaitu gudeg basah dan gudeg kering.

  1. Bakpia

Bakpia merupakan makanan ringan atau kue yang menjadi makanan khas dari Jogja. Menurut sejarahnya bakpia adalah makanan yang berasal dari Cina. Warga Cina yang tinggal di Jogja mengubah isi bakpia yang awalnya berupa daging babi menjadi kacang hijau. Dipilihnya kacang hijau karena banyak warga Jogja yang beragama Islam dan juga mudah mencarinya. Lama kelamaan bakpia isi kacang hijau dikenal sebagai makanan yang berasal dari Jogja.

Bakpia seakan menjadi makanan yang seakan wajib dibeli saat berwisata di Jogja. Para wisatawan membeli makanan ini untuk oleh-oleh untuk keluarga atau rekannya. Karena populernya bakpia ini banyak warga yang membuka usaha ini. Kawasan yang dikenal sebagai pusat bakpia adalah di kasawasan Pathok sehingga dikenal dengan istilah Bakpia Pathok. Selain di kawasan tersebut banyak berdiri toko-toko bakpia baik yang besar maupun kecil yang ada di Jogja.

  1. Belalang Goreng

Makanan selanjutnya adalah belalang goreng atau biasa disebut walang goreng. Makanan ini adalah makanan khas dari Gunung Kidul. Makanan yang dianggap ekstrim ini menjadi sangat popular akhir-akhir ini sejalan dengan kepopuleran Kabupaten Gunung Kidul sebagai destinasi utama di Jogja. Walang goreng sebenarnya adalah hasil inovasi dari warga setempat yang memanfaatkan belalang yang banyak di daun pohon jati untuk dikembangkan menjadi sebuah makanan.

Belalang goreng kaya akan protein sehingga bagi yang alergi atau tidak cocok akan merasakan gatal-gatal pada kulitnya. Walau begitu banyak wisatawan yang membeli makanan kaeana penasaran. Belalang goreng memililki rasa seperti udang goreng. Saat ini belalang goreng dikembangkan menjadi beberapa varian rasa, ada rasa pedas, pedas manis dan original. Makanan ini banyak ditemui di toko-toko di kawasan Wonosari, Gunung Kidul.

Demikian makanan khas dari Yogyakarta. Sebenarnyamasih banyak lagi makanan khas yang berasal dari provinisi ini yang akan kami bahas dikesempatan berikutnya. Semoga rangkuman informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi bagi Anda yang ingin merasakan kuliner khas Jogja.