Ketumbar dalam bahasa latin dinamakan Coriandrum sativum, merupakan tanaman rempah yang kerap dimanfaatkan oleh masyarakat. Tanaman ini bisa menghasilkan buah dengan bentuknya yang kecil, biasanya buahnya itu diolah dengan cara dikeringkan, setelah kering baru dijual belikan.

Ketumbar kerap digunakan sebagai bumbu masakan, rempah kecil ini sering diolah dengan cara dilembutkan kemudian dicampur dengan bumbu bumbu lain untuk menyediakan makanan. Selain berguna untuk bumbu masakan ternyata ketumbar juga mempunyai manfaat untuk kesehatan lho, baik dimakan langsung atau direbus dengan air. Dan berikut beberapa manfaat mengkonsumsi ketumbar untuk kesehatan tubuh.

1. Sebagai antibakteri

Manfaat mengkonsumsi ketumbar yang pertama adalah sebagai anti bakteri. Ketumbar mengandung beberapa senyawa yang dipercaya mampu membasmi bakteri jahat yang memicu beberapa penyakit masalah pencernaan. Anda dapat makan langsung ketumbar, atau bisa juga minum air rebusan ketumbar.

2. Menambah nafsu makan

Selain bermanfaat sebagai anti bakteri, ketumbar juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, kita hanya perlu makan 5 biji ketumbar setiap pagi dan sore, atau bisa juga minum air rebusan ketumbar.

3. Sebagai obat cacing

Untuk membasmi cacing yang merugikan dalam usus selain minum obat cacing yang banyak dijual diapotik ternyata kita juga dapat memanfaatkan ketumbar untuk membasmi cacing tersebut. Minum air rebusan ketumbar pagi dan sore secara teratur, atau bisa juga langsung makan biji ketumbarnya.

4. Mengatasi peradangan

Ketumbar mengandung beberapa senyawa yang berguna untuk membatu mengatasi peradangan. Maka dari itu apabila anda mengalami peradangan maka dapat mengkonsumsi ketumbar hingga peradangan sembuh.

5. Mengatasi kejang

Selain keempat manfaat diatas ternyata ketumbar juga berguna untuk mengatasi kejang. Ketumbar dapat direbus mengunakan air, setelah itu dapat diminumkan pada seseorang yang menderita kejang-kejang. Ketumbar ini bisa menjadi salah satu rekomendasi obat alami yang berkhasiat mengatasi kejang kejang.

Itulah 5 manfaat ketumbar untuk mengatasi masalah kesehatan. Ternyata rempah dengan ukuran kecil ini mempunyai manfaat yang besar selain sebagai bumbu masakan.