Buat almamater sekolah, bagi seorang murid almamater termasuk pakaian wajib untuk menambah kesannya sebagai seorang murid teladan. Jika tanpa mengenakan jas almamater tidak akan lengkap apabila dilingkungan sekolah tanpa mengenakan almamater sebagai identitas diri sebagai siswa. Itulah fungsi utama mengapa seorang siswa wajib memiliki almamater sekolah terkait.

Selain itu, pada saat sekolah mengadakan acara tertentu yang melibatkan kepanitiaan misalnya atau jika dilingkungan sekolah yang biasa disebut sebagai osis, pasti akan ada suatu kesempatan dimana seorang siswa harus mengenakan almamater terkait. Setelah itu, siswa diwajibkan mengambil peran sebagai panitia dalam acara tersebut. Dari situlah, para siswa yang terkait dalam suatu organisasi tertentu membutuhkan seragam sebagai tanda atau indentitas bahwa merekalah yang mengadakan acara terkait.

Dengan meningkatnya harga bahan baku kain dan juga bahan-bahan yang digunakan untuk menjahit seragam, biaya yang dikeluarkan untuk almamater sekolah bisa menjadi kendala dalam melaksanakan sebuah acara sekolah. Maka dari itu, untuk menghindari kemungkinan terjadi terkait alamamater sekolah bisa buat almamater sekolah sebagai pilihan komunitas seragam sekolah yang tidak memerlukan biaya banyak sekaligus cocok ketika digunakan sebagai seragam pada sebuah acara dari pada jas almamater yang bersifat formal.

Selain sebagai identitas diri, almamater sekolah jika berada didalam sebuah forum resmi, seorang siswa akan dihargai apabila siswa tersebut mengenakan almamater sekolah terkait. Mengapa demikian? Karena, almamater sekolah merupakan simbol bahwa seseorang yang mengenakan almamater tersebut sebagai wakil resmi dari sekolah tertentu. Itulah mengapa siswa jauh lebih dihargai ketika mereka mengenakan almamater sekolah.

Dengan memakai almamater sekolah bukan berarti siswa diberikan jabatan semaunya. Akan tetapi, mereka lebih memiliki tanggung jawab yang besar sebagai siswa teladan yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Oleh sebab itu, mereka pantas mendapatkan penghargaan dengan diberikannya almamater sekolah sebagai bentuk apresiasi diri.

Buat almamater sekolah merupakan  bagian terpenting sebagai identitas diri seorang siswa. Dengan mengenakan almamater sekolah bisa mengetahui dimana siswa tersebut belajar, sehingga dapat dibedakan antara siswa dari sekolah A maupun siswa dari sekolah B.