Burung hantu salju juga dikenal sebagai burung hantu Arktik atau burung hantu putih besar. Burung hantu salju ini terutama ditemukan dalam Lingkaran Arktik dengan kisaran yang tersebar di Kanada, Greenland, Eropa dan Asia. Burung hantu salju adalah burung resmi Quebec di timur laut Kanada.

Burung hantu salju adalah salah satu spesies burung hantu terbesar di dunia, dengan rata-rata burung hantu salju dewasa tumbuh sekitar 65cm dengan lebar sayap sekitar 140cm. Namun, burung hantu salju yang lain bisa lebih besar dari ini, dan bahkan dapat tumbuh hingga lebih dari 75 cm.

Meskipun banyak burung hantu salju di Lingkaran Arktik, telah dilaporkan bila mereka telah melakukan perjalanan lebih jauh ke selatan untuk mencari makanan. Burung hantu salju telah terlihat sejauh ke selatan Texas di Amerika Serikat dan bahkan di Karibia. Burung hantu salju juga sering terlihat di seluruh Eropa dan Asia, dari Inggris hingga Cina selatan.

Burung hantu salju membuat sarang mereka di tanah tetapi mereka memilih tempat bersarang mereka dengan sangat hati-hati. Situs sarang burung hantu salju harus memiliki jarak pandang yang baik sehingga burung hantu salju mampu mengawasi sekelilingnya, dan sarang burung hantu salju juga harus memiliki sumber makanan yang baik sehingga mereka tidak harus meninggalkan sarang untuk waktu yang lama untuk makan.

Burung hantu salju berkembang biak pada Mei dan burung hantu salju betina memiliki hingga 14 telur meskipun rata-rata telur yang mereka miliki sekitar 7. Anak mereka menetas keluar dari telur setelah periode inkubasi sekitar 5 minggu. Baik yang jantan maupun dan burung hantu salju betina membantu memberi makan dan khawatir pada anak-anak mereka, dan juga melindungi anak burung hutan salju dari predator.

Meskipun burung hantu salju adalah omnivora, mereka memiliki diet terutama karnivora. Lemmings dan hewan pengerat kecil lainnya seperti tikus adalah sumber makanan utama untuk burung hantu salju. Burung hantu salju adalah pemburu oportunistik yang berarti bahwa mereka akan memanfaatkan kesempatan untuk memburu hewan yang lebih besar. Burung hantu salju telah dikenal untuk berburu ikan (ketika mereka dapat menemukannya), tupai, kelinci, tikus, burung dan bahkan mamalia besar seperti rubah.

Seperti spesies burung besar lainnya, burung hantu salju ini diketahui menelan makanan mereka secara utuh dan kemudian memuntahkan tulang dalam bentuk pelet 24 jam setelah makan. Untuk mempertahankan dirinya sendiri, burung hantu salju harus makan sekitar 5 lemmings atau tikus setiap hari, hampir 2.000 ekor dalam satu tahun.

Burung hantu salju dikenal memiliki bulu putih terang yang sering berbintik-bintik hitam dan abu-abu. Burung hantu salju juga memiliki mata besar, paruh tajam, melengkung dan kepala besar, bersama dengan bulu-bulu di kakinya. Semua fitur dari burung hantu salju ini memungkinkan burung hantu salju bertahan hidup dengan baik dalam Lingkar Arktik.

Karena ukurannya yang besar, burung hantu salju memiliki beberapa predator alami dalam lingkungannya. Manusia yang berburu burung hantu salju adalah pemangsa utama burung hantu salju, bersama dengan rubah besar, anjing liar dan serigala.