Setiap dolar berharga untuk pemilik bisnis, jadi jika Anda tidak tahu di mana Anda berdiri setiap bulan, Anda mungkin tidak ada di akhir tahun. Dan ketika menggunakan perangkat lunak akuntansi do-it-yourself dapat membantu memantau biaya, manfaat mempekerjakan akuntan yang baik jauh melampaui angka-angka yang berderak. Secara potensial, mereka dapat menjadi mitra keuangan perusahaan Anda untuk kehidupan, dengan pengetahuan yang mendalam tentang tidak hanya bagaimana Anda akan membiayai forklift berikutnya, misalnya, tetapi juga bagaimana Anda akan membiayai pendidikan perguruan tinggi putri Anda. Sebelum Anda menyewa salah satu, pastikan Anda memahami empat bidang dasar keahlian dalam praktik akuntansi umum:

Layanan konsultasi bisnis.

Karena akuntan harus memiliki pengetahuan tentang lingkungan bisnis Anda, situasi pajak Anda dan laporan keuangan Anda, masuk akal untuk meminta mereka untuk menarik semua bagian dan membantu Anda membuat rencana bisnis dan rencana keuangan pribadi. Akuntan dapat menawarkan saran tentang segala hal dari asuransi (apakah Anda benar-benar membutuhkan asuransi gangguan bisnis atau lebih murah untuk menyewa situs kedua?) Untuk ekspansi (bagaimana kapasitas tambahan akan mempengaruhi biaya operasi?). Akuntan dapat membawa tingkat wawasan baru, hanya berdasarkan perspektif mereka.

Akuntansi dan pencatatan.

Ini mungkin yang paling mendasar dari disiplin ilmu akuntansi. Meskipun masuk akal bagi banyak pemilik bisnis untuk mengelola catatan harian mereka, seorang akuntan dapat membantu mengatur sistem pembukuan dan akuntansi dan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menggunakannya. Sistem yang baik memungkinkan Anda mengevaluasi profitabilitas dan mengubah harga. Ini juga memungkinkan Anda memantau pengeluaran, melacak anggaran, melihat tren dan mengurangi biaya akuntansi yang diperlukan untuk menghasilkan laporan keuangan dan pengembalian pajak.

Saran pajak.

Akuntan yang memberikan bantuan dengan masalah terkait pajak biasanya dapat melakukannya dalam dua bidang: kepatuhan pajak dan perencanaan pajak. Perencanaan mengacu pada pengurangan beban pajak Anda secara keseluruhan. Kepatuhan mengacu pada mematuhi undang-undang perpajakan.

Auditing.

Layanan ini paling sering dibutuhkan oleh bank sebagai syarat pinjaman. Ada banyak tingkat audit, mulai dari hanya menyiapkan laporan keuangan ke audit yang sebenarnya, di mana akuntan atau pihak ketiga lainnya memberikan jaminan bahwa informasi keuangan perusahaan akurat.

Memilih Akuntan

Cara terbaik untuk menemukan akuntan yang baik adalah mendapatkan rujukan dari pengacara Anda, bankir Anda, atau rekan bisnis Anda. Anda juga dapat melakukan check-in dengan Society of Certified Public Accountants di negara Anda, yang dapat membuat rujukan.

Sementara akuntan biasanya bekerja untuk perusahaan besar, CPA (akuntan publik bersertifikat) bekerja untuk berbagai bisnis besar dan kecil. Jangan meremehkan pentingnya CPA. Gelar ini hanya diberikan kepada orang-orang yang telah lulus tes yang ketat dan berstandar nasional selama dua hari. Sebagian besar negara mengharuskan CPA memiliki setidaknya gelar sarjana atau yang setara. Beberapa negara bagian juga membutuhkan pekerjaan pasca sarjana. Setelah Anda mendapatkan kandidat yang baik, penting untuk menentukan berapa banyak pekerjaan yang akan dilakukan perusahaan Anda dan berapa banyak yang akan dilakukan oleh akuntan.

Layanan akuntansi dapat dibagi menjadi tiga kategori besar: mencatat transaksi, merakitnya, dan menghasilkan laba dan laporan keuangan. Meskipun dua kategori pertama membutuhkan tingkat keterampilan yang lebih rendah daripada yang kedua, banyak perusahaan mengenakan tarif per jam yang sama untuk ketiganya. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menentukan pekerjaan apa yang Anda ingin akuntan hadapi.

Baca juga : cara membuat laporan keuangan