Cara mudah mengatasi mabuk perjalanan –Sebuah perjalanan yang seharusnya menyenangkan dapat berubah jadi sangat buruk jika Anda mengalami mabuk perjalanan. Dari sebagian banyak orang yang saya kenal, hampir sebagian dari mereka mengalami mabuk saat di perjalanan. Mabuk perjalanan ini biasanya diiringi dengan rasa mual dan kemudian muntah. Hal ini terjadi karena salah satu bagian dari sistem keseimbangan merasa bahwa tubuh kita bergerak namun bagian lainnya tidak demikian.

Mabuk perjalanan ini bisa terjadi pada siapa saja, entah itu anak-anak maupun orang dewasa. Berbagai jenis obat pun telah dijual di pasaran untuk membantu Anda dalam mengurangi mabuk di perjalanan ini. Selain dengan menggunakan obat, Anda juga bisa menerapkan cara-cara mudah berikut ini untuk mengurangi mabuk perjalanan Anda.

  • Arahkan pandangan Anda ke kejauhan. Jika bisa, pastikan Anda berada di bagian depan mobil atau pun alat transportasi lainnya. Pandanglah pepohonan di kejauhan dengan pandangan yang lurus. Jangan terlalu banyak memandang dari kaca kendaraan sebelah kiri dan kanan.
  • Cobalah untuk santai. Jangan terlalu tegang. Jika Anda menyukai musik, Anda bisa memandang ke kejauhan sambil mendengarkan musik. Musik dipercaya mampu membuat Anda rileks. Pilih musik yang alun.
  • Duduk diam. Usahakan kepala Anda tidak bergerak kesana-kemari. Hal ini akan memicu mabuk perjalanan. Gunakan bantak atau sandaran kepala agar kepala Anda tidak bergerak.
  • Jangan bermain HP. Hentikanlah dahulu kegiatan chatting, main game atau yang lainnya selama dalam perjalanan. Ingatlah untuk selalu mengarahkan pandangan ke depan bukan ke bawah untuk melihat layar HP Anda.
  • Pijat titik-titik tertentu. Melakukan pemijatan ternyata juga dapat menolong mabuk darat Anda. Titik yang harus Anda pijat adalah seperti bagian dalam pergelangan tangan.
  • Alihkan pikiran dan berpikirlah secara positif. Sebuah buku karya penulis luar negeri menyebutkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di kehidupan kita ini sebenarnya adalah akibat dari pikiran kita sendiri. Apabila kita percaya betul akan suatu hal, maka kemungkinan besar kita akan mengaaminya. Jadi, cobalah hilangkan pikiran bahwa Anda akan mabuk ketika di perjalanan. Pikirkanlah bahwa Anda akan baik-baik saja. Jika pikiran negatif itu muncul lagi segera alihkan pikiran Anda ke hal-hal yang Anda sukai seperti membayangkan mandi di pantai berpasir putih, dan apapun itu. Kegiatan ini akan mendukung Anda secara mental untuk menghindari mabuk perjalanan.

Demikianlah beberapa cara termudah dalam mengatasi mabuk perjalanan. Semoga bermanfaat.