Ada banyak cara mencintai negara ini, Indonesia. Salah satunya dengan mencintai bahasa persatuan Republik ini, bahasa Indonesia. Dengan mencintai bahasa Indonesia, berarti kita sudah menjaga rasa persatuan.

Terkadang ada yang menganggap kalau menggunakan bahasa asing itu lebih keren dibandingkan bahasa Indonesia itu sendiri. Contohnya penggunaan bahasa Inggris yang cukup populer di masyarakat umum. Sebut saja kata email yang sudah cukup banyak dipakai dalam istilah sehari-hari. Padahal istilah email ini sudah ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Istilah yang dipakai adalah surel, singkatan dari surat elektronik.

Bahasa Inggris yang Sering Dipakai

Bahasa Inggris sendiri merupakan salah satu bahasa internasional sebagai jembatan komunikasi antar bangsa. Secara tidak langsung bahasa Inggris juga populer dipakai di Indonesia. Paling sering memang sebagai bahasa dalam pergaulan, khususnya di kalangan anak muda. Mungkin ada kesan yang menganggap kalau pandai bahasa Inggris dibilang keren. Padahal tidak mesti begitu juga.

Sebisa mungkin menghindari kata atau istilah bahasa asing atau bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari. Kalau ingin menggunakan bahasa Inggris, lihat juga siapa lawan pembicara kita. Kalau memang yang diajak bicara itu orang asing semua, jelas yang dipakai adalah bahasa Inggris. Tapi kalau pendengarnya adalah orang Indonesia, kenapa harus menggunakan bahasa asing kalau istilahnya sudah ada di dalam bahasa Indonesia.

Indonesia yang Kaya Dengan Bahasa Lokal

Indonesia sendiri tidak hanya kayak dengan sumber kekayaan alamnya. Indonesia juga kaya dengan budayanya. Salah satunya adalah bahasa lokal atau bahasa daerah yang dimiliki masing-masing daerah. Bahkan terkadang ada satu daerah yang saling berdekatan, namun memiliki istilah atau bahasa yang salnig berbeda.

Menariknya lagi, ada banyak bahasa daerah yang diserap ke dalam bahasa Indonesia lalu dijadikan istilah standar dalam bahasa Indonesia. Contohnya saja kata unggah atau unduh sebagai kata pengganti istilah bahasa Inggris untuk upload dan download.

Itulah gambaran singkat kenapa kita harus mencintai bahasa Indonesia sebagai salah satu bukti kecintaan terhadap tanah air. Jangan mentang-mentang pandai bahasa asing lalu melupakan bahasa Indonesia itu sendiri, lebih mirisnya lagi meninggalkan bahasa daerah masing-masing.