Istana merupakan tempat pusat pemerintahan serta peristirahatan raja di jaman dahulu di Indonesia. Setiap istana memiliki cerita yang terkandung dalam peninggalan-peninggalan di dalam istana. Di jaman modern seperti sekarang, Istana di Indonesia tidak lagi digunakan sebagai tempat pemerintahan suatu daerah melainkan sebagai destinasi wisata edukasi bagi warga setempat, seperti istana Maimun kota Medan Sumatra Utara. Kota Medan memiliki beberapa ikon wisata bersejarah namun hanya istana Maimun lah merupakan tujuan wisata edukasi paling populer di Indonesia hingga mancanegara.

istana maimun kota medan

Tak ada alasan kuat mengelak bahwa istana Maimun Medan merupakan satu diantara istana paling indah seluruh Indonesia, hal tersebut merujuk dari bentuk arsitektur bangunan istana yang merupakan perpaduan sempurna antara budaya Melayu, Timur Tengah hingga Eropa. Istana tersebut merupakan peninggalan bersejarah kepada Indonesia dari kerajaan Deli kala itu, sehingga disebut dengan istana putri hijau.

Luas istana Maimun yakni kurang lebih 2.722 meter persegi yang didalamnya terdapat 30 ruangan. Didalam istana terasa nuansa khas Belanda, terlihat dari perabotan didalamnya seperti pintu, lemari, meja, kursi, toilet. Bahkan ada prasasti dengan bahan dasar marmer di depan tangga berbahasa Belanda, semua itu merupakan bukti bahwa Istana Medan ini memiliki keterkaitan erat oleh negara Belanda di jaman dulu.

Selain kuat dengan nuansa Eropa istana Maimun di Medan ini juga terdapat bukti-bukti pengaruh agama Islam. Wisatawan dapat melihat dari bentuk lengkung atap istana yang berbentuk seperti payung terbalik. Dimana model atap tersebut banyak digunakan pada bangunan di daerah Timur Tengah. Sampai sekarang wisata Istana tersebut dirawat oleh pengelola wisata.

Bagi anda hendak mengetahui secara dekat sejarah istana Maimun kota Medan maka anda perlu untuk berwisata kesana. Alamat istana Maimun berada di JL. Sultan Ma’moen Al Rasyid No. 66, Medan Maimun, A U R, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara kode Pos 20151. Lokasi istana tak jauh dari Masjid Raya Medan dan alun-alun kota Medan. Sedangkan untuk tiket masuk wisata Istana Maimun hanya mempersiapkan dana sangat murah yakni Rp. 5.000 per orang.