Air limbah merupakan sebuah hasil akhir dalam setiap proses produksi yang mana dikategorikan sebagai hasil buangan yang tak dapat digunakan kembali, air limbah perlu mendapatkan perhatian lebih soal pengelolaannya. Tujuan dari pengolahan limbah sendiri adalah untuk memisahkan bahan-bahan organik dan menimalisir bakteri patogen yang terkandung dalam limbah tersebut. Jika air limbah tidak mendapatkan penanganan secara khusus akan dikhawatirkan merusak lingkungan.

Teknik Pengolahan Limbah

Pengolahan air limbah dapat dilakukan dengan 2 cara yakni secara alami dan buatan. Dalam pengolahan limbah secara alami, dilakukan dengan membuat sebuah kolam stabilisasi. dalam kolam tersebut air limbah akan diolah kemudian dinetralissir dari zat pencemar sebelum dialirkan ke sungai. dalam kolam stabilisasi biasanya digunakan untuk pengolahan air limbah yang telah tercemar bahan organik yang cukup pekat. Untuk pengolahan air limbah secara alami memang tidak membutuhkan biaya yang mahal dan sangat cocok digunakan pada wilayah tropis.

Jenis Pengolahan Air Limbah

Selain pengolahan limbah secara alami, ada satu lagi cara yang biasa digunakan yakni pengolahan limbah buatan. pada pengolahan ini biasanya akan menggunakan alat yang sama pada instalasi pengolahan air limbah. pengolahan jenis ini dapat dilakukan dengan beberapa tahap yakni tahap pertama, tahap kedua dan tahap lanjutan. pada tahapan pertama, pengolahan dilakukan untuk memisahkan zat padat dengan zat cair dengan menggunakan saringan.

Sedangkan pada tahapan kedua adalah dengan cara menghilangkan koloid serta menstabilkan zat organik yang ada didalam limbah. pada tahap kedua ini memiliki tujuan untuk mengurangi kandungan nutrisi nitrogen serta fosfor. penguraikan bahan organik dapat dilakukan dengan bantuan mikroorganisme dan oksigen yang menjadi electon acceptor dalam limbah. Selain itu, dalam penguraian limbah juga menggunakan lumpur aktif yang memiliki banyak bakteri pengurai.

Pada tahapan pengolahan lanjutan dengan excreta, pengolahan ini biasnaya dilakukan dengan menampung serta mengolah limbah pada septic tank yang ada di lingkungan sekitar kemudian limbah tersebut dialirkan ke tempat pengolahan limbah. Dalam membuat pengolahan limbah excreta harus dilakukan semaksimal dan sesehat mungkin supaya nantinya tidak mencemari sumur resapan air. pengolahan excreta juga dapat difungsikan sebagai sumber gas yang berguna untuk kehidupan rumah tangga.