Saat ini dunia online bagi beberapa orang bukan lagi sebuah keperluan sekunder, melainkan sudah menjadi sebuah keperluan primer. Sampai orang dapat merasa tidak berdaya tampa adanya jaringan dunia online. Sebelum aku berbicara lebih jauh, aku akan membeberkan sedikit mengenai WiFi beserta fungsinya.
Apa itu Sinyal WiFi dan kegunaannya ?

WiFi yakni singkatan dari wireless fidelity. Berdasarkan Wikipedia WiFi yakni sebuah teknologi yang memanfaatkan perlengkapan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (mengaplikasikan gelombang radio) via sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi dunia online berkecepatan tinggi. Jadi WiFi sendiri memungkinkan kita terhubung dengan perangkat yang lain dalam satu jaringan sampai terkoneksi dengan dunia online tampa mengaplikasikan kabel.

Mungkin beberapa dari anda pernah menikmati atau mengalami kejadian dimana sinyal WiFi anda penuh akan melainkan koneksi internetnya terasa lambat dan kadang tidak terkoneksi dengan dunia online sama sekali. Banyak yang masih beranggapan bahwa WiFi full maka dunia online juga kencang, menurut aku itu yakni hal yang kurang ideal.

Cara kerja WiFi

Cara kerja WiFi sendiri mirip dengan kabel LAN (Local Area Network) bedanya yakni WiFi media perantaranya yakni gelombang radio. Penghubung perangkat kita ke dunia online yakni Router, WiFi yakni perantara perangkat dengan Router. Dikala ini sudah banyak kita peroleh perangkat Router yang sudah mempunyai WiFi sendiri. Secara singkat observasi penjelasan berikut.

Kenapa Wifi Lemot Padahal Signal Penuh

Perangkat (Komputer/HP) -> WiFi -> Router / Modem -> Internet

Dari penjelasan diatas terlihat bahwa WiFi hanya penghubung antara perangkat dengan Router. Tampa adanya Router kita masih dapat berkaitan dengan perangkat lain yang masih satu jaringan WiFi, seperti mengambil data dari notebook lain. Akan melainkan kita tidak dapat terkoneksi dengan dunia online. Lantas apa elemen yang mempengaruhi dunia online kita terasa lambat ? Apakah kita dapat menggunakan cara mempercepat koneksi wifi yang kita miliki dengan cara tertentu ?

Faktor yang mempengaruhi

  • Jumlah pengguna dunia online pada jaringan yang sama terlalu banyak
  • Pengendalian kecepatan dunia online per user (biasa kita temui di kantor dan kampus)
  • Gangguan koneksi yang berasal dari provider dunia online