Lintah adalah hewan ciptaan Allah SWT yang terkadang dibenci dan terkadang dibutuhkan. Dibenci karena sering mengganggu dengan menghisap darah, bisanya dia sering mengisap darah manusia dan juga hewan yang digembalakan. Itulah sebabnya dia sering dibenci dan dianggap parasit oleh banyak orang.

Lantas untuk apa hewan lintah dibutuhkan?

Hewan lintah dibutuhkan oleh seseorang karena hewan ini memiliki kemapuan dalam bidang terapi pengobatan, karena hewan ini dapat mengobati beberapa penyakit dari yang ringan hingga yang parah. Perlu anda ketahui bahwa hewan dari kelas hirudinea ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai media terapi lintah, dan kepopulerannya pada masa abad ke 19. Akan tetapi karena masalah apa pada abad ke 20 terapi lintah tidak digunakan lagi.

Dan pada akhirnya terapi ini mulai dilakukan kembali pada tahun 1960an, lintah jenis hirudo setelah diteliti ternyata memiliki segudang kandungan yang berguna untuk kehidupan manusia. Seperti yang dikutip dari ilmuan para peneliti bahwa banyak ahli medis yang merekomendasikan terapi ini untuk mengobati beberapa keluhan penyakit, karena diketahui pada air liur lintah jenis hirudo memiliki banyak manfaat.

Hewan ini ternyata memiliki beberapa kandungan yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh yang terdapat pada minyak lintah dan juga air liurnya, diantaranya seperti hirudin, hyaluronidase, thrombin, histamin, zat NO (nitric oxide), dan anti kolagen. Dari beberapa kandungan diatas memiliki kegunaan sendiri sendiri. Dan saat ini diberbagai negara tetapi lintah sudah mulai dikenal dan diminati masyarakat, tak terkecuali diindinesia. Karena manfaatnya yang begitu besar sehingga terapi ini semakin diminati masyarakat.

Langkah langkah dalam terapi lintah

Perlu anda ketahui bahwa dalam terapi lintah tidak sembarang jenis lintah yang dipakai, jenis lintah yang dipakai untuk terapi adalah jenis hirudo. Dan berikut ini informasi mengenai langkah langkah dalam terapi sedot lintah.

Pertamanya pasien dibaringkan atau didudukkan sesuai area tubuh mana yang akan diterapi. Setelah itu lintah akan diambil dan ditempelkan tepat pada bagian yang akan diterapi. Ketika ditempelkan itulah lintah akan mengeluarkan zat seperti hirudin yang berfungsi melancarkan darah, kemudian lintah akan menghisap darah hingga benar benar kenyang. Ketika lintah menggigit dan menghisap darah pasien inilah zat zat yang dimiliki lintah akan dikeluarakn. Zat zat tersebut berguna untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah penyumbatan jaringan yang sangat berguna bagi seseorang, dalam terapi ini juga ada keunikan yaitu gigitan lintah tidak menimbulkan bekas luka.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat diterapi dengan lintah hirudo diantaranya seperti jerawat, bisul, herpes, sakit gigi, dan bahkan diabetes. Maka dari itu apabila anda memiliki beberapa masalah kesehatan diatas dan sudah mencoba kesana kemari untuk berobat akan tetapi belum menunjukkan hasil yang baik maka anda dapat mencoba dengan terapi lintah. Dan jika anda Rabu untuk melakukannya maka anda dapat berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu, demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat.