Senam kegel merupakan jenis senam yang berguna untuk melatih otot otot pada daerah panggul bawah supaya menjadi lebih kuat dan tentunya menjadi kencang. Otot panggul bawah antara lain, otot bagian rahim, otot kantong kemih, dan otot bagian usus besar.

Perlu anda ketahui bahwa terdapat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika senam kegel kita lakukan secara rutin dan teratur. Akan tetapi ketika baru pertama kali melakukan senam kegel maka lakukanlah secara bertahap, karena apabila baru pertama kali melakukan senam kegel dan langsung dengan durasi yang lama maka dapat mengakibatkan rasa sakit pada otot panggul bagian bawah. Lakukan secara bertahap misalnya pertama durasinya 1 menit, selanjutnya durasi bisa kita tambah menjadi 2 menit, dan seterusnya.

Untuk mengerjakan senam ini anda cukup mengerjakannya secara teratur dan konsisten supaya mendapatkan manfaatnya yang besar. Banyak yang mengira untuk melakukan senam kegel itu seperti mengerjakan senam yang umum, namun sejatinya untuk mengerjakan senam ini cukup sangat mudah dilakukan kapan pun dan dimana pun.

Jika anda kurang begitu paham mengenai senam kegel maka penjelasan yang gambang adalah seperti ketika anda menahan buang air kecil. Ketika anda membung air kecil dan merasakan adanya otot untuk menahan itulah yang disebut otot panggul bawah. Jika kita menahan buang air seni kurang lebih 10 detik itu artinya kita sudah melakukan senam kegel, dan jika dilakukan rutin maka bisa memberikan manfaat.

Manfaat senam kegel untuk pria dan wanita

Untuk pria

Senam yang bukan seperti kebanyakan senam pada umumnya ini dapat bermanfaat untuk vitalitas seorang pria, bahkan jika dilakukan secara rutin bisa untuk mengganti ketergantungan produk vitalitas seperti hajar jahanam Mesir atau produk yang lainnya. Hal ini dikarenakan dengan melakukan senam kegel secara rutin dapat menguatkan otot panggul bawah, sehingga bisa mengelola ereksi dan menahan ejakulasi.

Untuk wanita

Sedangkan untuk wanita senam kegel sangat baik dilakukan oleh ibu hamil, karena disaat hamil dan melakukan senam ini maka otot bagian panggul bawah bisa menjadi lebih kuat. Hal inilah sangat membantu memperlancar ketika proses melahirkan.

Demikian sedikit informasi singkat mengenai senam kegel, semoga dengan informasi diatas dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan terutama bagi anda yang masih bingung ketika ingin melakukan senam kegel.