Pinguin bermata kuning adalah satu dari sedikit spesies pinguin yang ditemukan di sebelah utara Samudra Antartika, dan seperti namanya, spesies pinguin ini mudah dikenali oleh mata berwarna kuning dan pita kuning cerah yang membentang dari mata ke belakang kepala pinguin bermata kuning tersebut.

Pinguin bermata kuning ditemukan di lepas pantai pulau selatan Selandia Baru dimana spesies ini berkumpul di koloni di sepanjang pantai dan ladang batu. Pinguin lucu bermata kuning juga ditemukan di beberapa pulau di pulau utama termasuk Stewart, Auckland dan Kepulauan Campbell.

Pinguin lucu bermata kuning umumnya mencari makanan di 10 mil lepas pantai, dan melakukan perjalanan (rata-rata) sekitar 15 mil dari tempat bersarang koloni. Pinguin bermata kuning meninggalkan koloni saat fajar dan kembali pada malam yang sama saat mengasuh anak, meskipun kadang-kadang juga mereka menghabiskan 2 hingga 3 hari di laut pada waktu yang lain.

Pinguin lucu bermata kuning adalah salah satu spesies pinguin yang lebih besar dibanding jenis lainnya dengan individu dewasa yang mencapai ketinggian 75 cm, dengan jantan umumnya sedikit lebih besar daripada pinguin bermata kuning betina. Pinguin bermata kuning itu diduga terkait erat dengan pinguin kecil kecil yang ditemukan di daerah yang sama, walaupun penelitian terbaru menunjukkan bahwa keduanya sebenarnya cukup berbeda secara genetis.

Pinguin bermata kuning adalah hewan karnivora, yang seperti semua spesies pinguin lainnya, bertahan dalam makanan yang hanya terdiri dari hewan laut. Krill dan krustasea kecil membentuk sebagian besar makanan pinguin bermata kuning bersama dengan organisme yang lebih besar termasuk cumi-cumi dan berbagai jenis ikan.

Pinguin bermata kuning biasanya ditemukan bersarang di hutan dan hampir selalu ada di garis pantai Selandia Baru dan meskipun secara historis tidak terganggu oleh lingkungan, pinguin bermata kuning sekarang memiliki sejumlah pemangsa yang tinggal di darat termasuk kucing, anjing dan rubah bersama tikus dan musang yang memburu telurnya.

Rata-rata pinguin bermata kuning itu melahirkan sekali setahun, membentuk pasangan yang biasanya tetap setia satu sama lain. Pinguin bermata kuning betina meletakkan dua butir telur di sarangnya di hutan yang diinkubasi oleh kedua orang tua hingga beberapa bulan. Biasanya hanya satu telur yang menetas. Anak pinguin bermata kuning diberi makan dan tetap hangat oleh orang tua mereka dan tetap bersama mereka sampai anak tersebut berumur hampir satu tahun.

Hari ini, pinguin bermata kuning terdaftar sebagai hewan langka dengan populasi liar diperkirakan kurang dari 4.000 ekor saja. Sekarang jenis ini termasuk paling langka di dunia karena penggundulan hutan dan adanya predator mamalia.