TEKNIK PIJAT UNTUK BAYI 1 TAHUN

Beberapa bulan setelah bayi lahir, biasanya bayi diberikan terapi pijat untuk relaksasi dan perkembangan tubuh bayi. Pijat bayi tidak harus selalu dilakukan oleh perawat atau ahli pijat, sang ibu pun bisa melakukan pijat bayi sendiri di rumah. Beberapa rumah sakit besar biasanya telah memberikan pelatihan singkat untuk perawatan bayi termasuk pijat bayi kepada para ibu yang baru melahirkan.

Namun sayangnya tidak semua ibu mampu dan berani untuk memijat bayinya sendiri. Anda tidak perlu khawatir memijat selama Anda mengetahui teknik atau cara memijat bayi dengan baik dan benar. Jika Anda belum mengetahui caranya, berikut adalah beberapa cara memijat bayi 1 tahun:

  1. Gunakan minyak pijat yang tepat

Kulit bayi masih sangat sensitive dan tipis. Jangan gunakan minyak yang sama seperti Anda memijat orang dewasa. Gunakan minyak pijat khusus bayi atau baby oil. Minyak zaitun dan alpukat juga baik untuk kulit bayi. Namun sebaiknya oleskan terlebih dahulu pada tangan bayi untuk mengetahui ada tidaknya reaksi alergi.

  1. Pijat kaki bayi terlebih dahulu

Caranya adalah dengan meregangkan pangkal paha bayi, lalu mulailah memijat dari pangkal paha hingga ujung kaki seperti memerah susu. Lakukan dengan pelan dan lembut.

  1. Pijat punggung dan telapak kaki bayi

Berikan sedikit tekanan pada bagian ini untuk menstimulasi sistem tubuh. Beri gerakan melingkar kecil berulang-ulang pada punggung kaki bayi. Sedangkan pada bagian telapak kaki beri tekanan-tekanan kecil untuk mengatasi masalah pada pertumbuhan gigi.

  1. Pijat dada bayi dengan lembut

Letakkan ibu jari Anda pada ulu hati bayi,lalu buat gerakan mengusap keluar dada seperti membentuk gerakan kupu-kupu. Gerakan ini merangsang pertumbuhan tubuh bayi.

  1. Pijat perut bayi

Pijatlah perut bayi dengan gerakan dari atas ke bawah dengan menggunakan telapak tangan Anda secara bergantian. Tekukkan pula lutut bayi ke arah perut untuk melancarkan sistem pencernaannya.

  1. Pijat pada punggung

Buat gerakan lingkaran-lingkaran kecil dari bagian pantat hingga punggung bayi. Usap punggung dengan gerakan maju mundur yang lembut untuk membuatnya lebih rileks.

  1. Pijat wajah bayi

Letakkan ibu jari Anda pada alis bayi, lalu pijat dengan lembut dari pertengahan alis turun ke bawah lipatan hidung bayi.

  1. Pijat di waktu yang tepat

Perhatikan waktu pijat bayi Anda. Jangan pijat bayi saat ia lapar atau sesudah makan. Pijatlah saat selesai mandi atau sebelum tidur, sehingga bayi Anda akan tidur dengan nyenyak setelah dipijat.

Itulah beberapa teknik pijat untuk bayi 1 tahun dengan baik dan benar. Anda boleh meminta bantuan orang lain jika takut untuk mencobanya pertama kali. Selamat memijat bayi Anda.