Tips Cara Mengatur Uang Gaji Agar Aman Hingga Akhir Bulan

Sebagai seorang karyawan hal yang paling di tunggu – tunggu setaip bulannya adalah menerima gaji. Menerima gaji bisa saja seperti menemukan belahan jiwa rasanya bahagia sekali. Gimana tidka bahagia kan, karena suplai isi dompet bertambah kembali. Tetapi kebanyakan yang terjadi adalah sebelum sampai akhir bulan gaji sudah mulai menipis bahkan ada juga yang sudah habis baru jalan 2 minggu saja setelah menerimanya.

Memegang uang itu menyenangkan sekali sehingga banyak yang terbuai olehnya. Pendapatan yang kita miliki ini akan sebanding dengan gaya hidup kita sendiri. Dengan kebutuhan hidup tiap bulannya yang banyak dan semakin lama harganya pun bukan bertambah murah tetapi mahal. Bila gaji yang kita miliki ini tiap bulannya terasa kurang berarti ada sesuatu yang salah di dalam pengaturan keuangannya.

Sebenarnya bila kita bisa mengatur keuangan dengan baik dan cermat gaji yang kita dapatkan setiap bulannya ini bisa tetap terjaga dan tidak akan membuat kantong bokek juga bahkan bisa untuk di tabung.

Di bawah ini ada beberapa tips agar uang gaji yang diterima tiap bulan tidak habis di tengah bulan dan bisa juga untuk menabung.

1. Catat dan prioritaskan pengeluarkan setiap hari
Dalam melakukan pengeluarkan apapun harus di buat rencana terlebih dahulu. Sehingga supaya gaji yang di dapatkan cukup sampai akhir bulan wajib untuk memiliki anggaran tiap harinya. Pastinya memiliki perngeluaran secara pasti. Seperti makan dan uang transport. Ini menjadikan cara berhitung yang pas sehingga akan mudah terhitung biaya selama sebulan.

Misalkan saja dalam sehari membutuhkan uuang sebesar 40 ribu maka yang perlu di lakukan adalah hanya perlu membawa uang pas di saku selama 1 minggu. Jangan sampai membawa uang yang berlebih karena akan memicu pengeluaran lebih nantinya. Dalam sehari – hari bisa juga mencatat apa saj ayang kira – kira akan di lakukan sehingga mana yang menjadi suatu kebutuhan utama hanya keinginan saja.

2. Jauhi melakukan hutang kepada siapa pun
Banyak orang berhutang dengan beragam alasan. Untuk itu hindari dalam bentuk apapun baik bantuknya dari kartu kridit atau minjam ke temen atau ke saudara. Selain itu juga hindari untuk membeli barang dengan cara cicilan. Boleh melakukannya tetapi harus di lihat apakah barang tersebut masuk dalam jenis barang produktif bukan hanya sekali pakai dan habis. Bila mencicil pastikan dulu berapa besar untuk cicilannya setiap bulannya sehingga akan seirama dengan gajinya.

3. Bawa bekal makan ke tempat kerja
Salah satu untuk menghemat pengeluaran adalah dengan membawa bekal ke tempat kerja. Selain itu juga akan lebih higienis. Dengan ini maka bisa sangat menekan pengeluaran setiap harinya karena biasanya membeli makanan di tempat kerja ini tidaklah murah.

4. Evalusi tiap bulannya
Untuk mengetahui semua rencana dan kenyataan maka lakukan evaluasi setiap bulannya. Di sini akan ketahuan secara jelas. Dengan ini maka akan sangat bisa mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan ini bisa di alokasikan ke yang lainnya.

Perlu di catat bahwa gengsi tidak akan menentukan hidup mu. Selain itu hidup sederhana tidak berarti tidak membeli apa pun. Hidup hemat itu mampu membedakan mana kebutuhan utama dan tidak. Ingetkan zaman dulu kita sd ada kebutuhan primer dan sekunder bahkan tersier. Maka itu terus belajar dalam mengatur pendapatan tiap bulannya.