TIPS MEMILIH ANAK PANAH YANG BAIK

Jika kamu mulai ingin mendalami atau berlatih olahraga memanah, memiliki peralatan memanah tentu menjadi kewajiban bagi kamu. Terdapat berbagai peralatan memanah yang beredar di pasaran. Kamu harus jeli dalam memilih peralatan memanah agar kamu mendapatkan peralatan dengan kualitas terbaik. Salah satu peralatan yang harus kamu miliki adalah anak panah. Berikut beberapa tips bagi kamu yang ingin memilih anak panah:

  1. Pilihlah busur panah yang sesuai dengan busur panah yang kamu miliki. Cobalah tanyakan kepada penjual atau pemanah berpengalaman mengenai jenis anak panah yang cocok untuk busur panah yang sudah kamu beli.
  2. Jika kamu merupakan pemula dalam olahraga ini, pilihlah anak panah yang memiliki harga yang terjangkau. Anak panah dari bambu, anak panah fiber, dan aluminium memiliki harga yang relatif murah. Memilih anak panah yang berkualitas sedang atau rendah berguna untuk mengurangi pengeluaran kamu karena saat kamu masih pemula kemungkinan besar anak panah akan membentur tembok atau hilang di kebun tempat kamu berlatih. Tentu kamu tidak akan mengalami kerugian yang besar jika membeli anak panah yang memiliki kualitas rendah dan harga murah. Belilah anak panah dengan kualitas yang lebih bagus saat kamu sudah mulai memahami teknik memanah yang baik.
  3. Kamu harus menyesuaikan anak panah yang kamu pilih dengan dynamic spine busur panah kamu. Dynamic spine yang berbeda antara anak panah dengan busur panah akan membuat anak panah tidak dapat dibidik dengan baik. Kamu dapat mencoba berbagai jenis anak panah, meskipun ukuran yang sama dan menggunakan teknik yang sama, tapi hasil panahan akan menunjukan perbedaan.
  4. Saat pertama kali kamu membeli peralatan memanah, kamu dapat membeli peralatan memanah dalam bentuk paketan. Satu paket peralatan memanah sudah terdiri dari satu busur dan beberapa anak panah yang sudah disesusaikan dengan busur panah tersebut. Jika anak panah tersebut sudah rusak, kamu dapat membeli anak panah dengan jenis yang serupa dengan yang pernah kamu pakai sebelumnya.